Sabtu, 25 April 2009

OPERA

DRAMA AKHIR SMA

Sebulan sebelum tempur (UN) gue dikasi tugas sama guru bahasa indonesia, buat bikin drama buat nilai ujian praktek. Anak-anak sekelas gue yang laen pada sibuk nyari-nyari kelompok. Tapi gue? sama si kribo ndes, temen sbangku gue cuma clingukan gak jelas. Gue liat si fajar sama si isal belum punya temen. Yaudah gue ma si ndes join aja ma mereka. “Satu kelompok empat orang ya! biar efektip” kata Bu Lilis, guru bahasa indonesia kita-kita. Emang sih efektip tu cara, tapi buat kita-kita yang cowo smua, itu cobaan yg maha dahsyat.

Tiap pulang skul, biasanya anak-anak ada yang pegi les, langsung cabut ke ruma, nongkrong, atau apa lah kerjaan anak pemalesan. Gue yang biasanya pulang skul langsung ke tempat bimbel jadi blahbloh latihan drama, pulang skul ampe sore. Gue, Ndes, Fajar ma Isal sih asik-asik aja. Untungnya sih, kita-kita gak pada egois ma belibet. Kalo udah pulang skul, kita-kita langsung otomatis pegi ke kelas atas, nyimpen kantong, nyalain laptop, pasang speaker, latihan deh, kaya 3 orang homoan sama 1 orang anak kecil yang teraniaya.

Waduh gila, gak berasa banget deh kita-kita udah ngabisin 3 hari buat latihan drama ampe sore. Untungnya di lat drama ini, gue gak perlu ngeluarin duit banyak-banyak, cz si fajar tuh anak guru mtk gue yang kebilang cukup tajir deh, jadi sarana-prasarana ditanggung dia. bhbhbhbh!

Kita ngambil drama tema perjuangan, soal golongan tua debat sama golongan muda buat kemerdekaan. Yang pastinya tokohnya Bung Karno, yang diperanin sama si fajar. Gue ma si ndeso jadi golongan muda yang berontak, si kecil isal, jadi Mr. Achmad Soebardjo. Kita asik banget latihan ampe sore, bikin naskah drama di ruma si fajar, meragain blocking, nentuin gerakannya, wah segala rupa unsur drama deh sama kita diperatiin, cz gue pikir, gue mesti perform semaksimal mungkin buat ini drama, drama trakhir di sma.

Si ndes yg biasanya suka gak karuan, konyol, idiot, bego,gj (gak deng, hahaha) jadi super serius banget deh act-nya di lat drama dengan judul kemerdekaan ini. Kalo si fajar ma si isal sih emang udah punya bakat deh kayanya sama soal acting. Gue? seperti biasa, acting seadanya kaya badut mabok. Gak kerasa udah gladi resik lg deh. wiw, sumpah kita-kita pada was-was, takut drama kita kaya spons yg dijemur klama’an. Kita-kita nyiapin sgala property buat besok.

Fajar: Jid, besok lu mau pake kostum kaya gimana?

Gue: Gue mau pake kemeja tangan panjang putih pleus clana coklat pendek.

Ndes: lumu narik beca gila!? ogah ah gue!

Gue: ih tolol, emang pjuang jaman dulu pake kaya begituan.

udah pake aja, biar dapet nilai pleus

(gue, kalem)

Ndes: Gak mau ah, tengsin gue.

Gue: yaudah trerah lu aja deh!

Okay, gue planing mau pake kostum kaya gitu. Si ndes? masi keukeuh gak mau pake. Si isal ma si fajar udah ngatur-ngatur kostum mreka ndri.

Besoknya, eng ing eng crot, kita siap tampil udah bel masuk abis rehat. Kita bripingan dulu di ruangan maminya si fajar. Kita pinjem wireless speakernya si ayu, biar ntar pas adegan Bung Karno bacain proklamasi, keliatan real banget gitu. (Gue,ngarep)

Akhirnya datang juga, Bu Lilis tercinta masuk ke kelas yg udah diatur setting kelasnya. Yang ptama perform, kelompoknya si danti, Gila sumpah keren banget, Kita ngacai takut kebanting sama kelompok dia. Kelompok si Danti perform-nya udah kaya artis kepompong deh, apalagi si Asni, cewe berkacamata yg freak buku disulap jadi Raja nan gagah. Sumpah dia ekting keren banget, yang biasanya plenya-plenye menye-menye jadi tampil gagah bersuara mantap. Kelompok si danti beres, tinggal kelompok kita. Kita ganti baju di belakang kelas, kita ribut ganti baju ditambah ada ulet bulu lagi, walah!

Yang bikin gue seneng, si ndes pake clana pendek juga, kaya apa yg gua omongin. Si isal, pake baju om-om nora berkumis bulu-bulu boneka. Si fajar, udah gagah pake stelan ala Bung Karno.

Alhasil kita udah pede banget deh. Tapi yang namanya demam panggung, pasti ada lah. Pas adegan ptama, anak-anak dikelas ketawa gak jelas liat gue pake clana pendek + baju dimasukin kaya jojon. Gue asikin aja. Kita tampil layaknya tukul arwana yg disulap sedemikian rupa menjadi dude herlino. (kok bisa?) Wajah kita-kita yang mahaganteng nutupin akting kita yang kacrut. Tapi, mnurut gue akting kita bagus deh, soalnya dari tadi Bu Lilis manggut-manggut sambil nyeklis-nyeklis dikertas nilainya gitu. (gr)

Adegan pembacaan proklamasi pun tiba, si fajar critanya udah pake stelan bung karno yang siap baca teks proklamasi, tapi mnurut gue, si fajar kaya anak paskibra yang baru beres skotras 200 kali,acak-acakan deh! Waktu adegan detik-detik proklamasi, lagu indonesia raya disetel terus si fajar masang speaker nirkabelnya deket-deket mulutnya. Tiba-tiba suasana sekelas hening, sumpah lagu kharisma negara ini bener-bener bikin mrinding. Ditambah lagi pas si fajar bacain proklamasi pake efek wirelessnya yg kaya kaset kusut, ngebikin mirip banget deh kaya adegan aslinya. Anak-anak skelas pada mangap-mangap ngeliatin akting kita yang pada keren. (ahahai) Gue, seorang golongan muda, nyoclo diblakang si fajar sambil pura-pura lagi ngatur-ngatur masyarakat biar gak pada ribut. Pas si fajar beres bacaen tu naskah, drama kita beres. Kita salam penutupan sambil diiringi lagu coldplay yg viva la vida, trus gue takut kalo-kalo gak ditimpuk eh ditepuk-tanganin ma skelas cz garing. Tapi, skelas big applause deh! wah gua seneng banget! apalagi daritadibanyak camera yang ngerekam kita perform. (gr, gue)

“cukup dua kelompok dulu ya yg tampil!” kata Bu Lilis. Terus Bu Lilis ngomentarin perform kita tadi. Katanya :

“fajar, kamu kurang cengkoknya Bung Karno jar, logat jawanya gak kliatan.

Kamu sal, Ibu mah pengen ketawa liat kamu megangin kumis kamu, gak gatel sal?

Fernandez, suara kamu bagus, gede

Kamu Ramdhan (manggil gue), bagus ya meratiin detail pake clana pendek, Fernandez juga bagus detailnya, kalian semua bagus! top! Ibu seneng sama kelas ini”

Wah! Sekelas tepuk tangan meriah! Bangganya gue. Gue puas banget, gak nyesel deh pulang skola lat ampe jam 6, terus hasilnya kaya gini. Gue belajar pengorbanan mamen! Gue seneng banget,cz ini drama akhir sma bisa kita beresin sambil tersenyum lebar. =’(


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COMMENT